Sabtu, 12 November 2016



TUGAS 2
MATA KULIAH : BASIS DATA

UNIVERSITAS MA'ARIF NAHDHATUL ULAMA  (UMNU) KEBUMEN

NIM : TI11508
NAMA : MUNAWAR MA’RUF

DOSEN PENGAMPU M\ATA KULIAH : BAMBANG SUGIANTO S.T.,M.Kom.



           Baiklah setelah saya membahas tentang deskripsi basis data jual beli kain, saya akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu tentang normalisasi tabel,, taukah kalian apa yang di maksud dengan normalisasi...????  Okee.. karena saya baik hati bagi yang belum tau akan saya kasih tau apa itu normalisasi, hhhe
           Menurut Jogiyanto (2005:403) ”Normalisasi (Normalization) adalah Proses untuk mengorganisasikan file untuk menghilangkan grup elemen yang berulang-ulang”. Konsep dan teknik normalisasi ini dikenalkan oleh Dr.E.F Codd di papernya pada tahun 1970 dan 1972. Dalam papernya, E.F. Codd mendefinisikan struktur data yang baru yaitu disebut dengan struktur data hubungan (relational data structure). Istilah data hubungan menunjukkan suatu struktur data yang mempunyai hubungan dengan elemen-elemen data lainnya, baik dalam satu atau dalam file lainnya.
kita lanjut ke tahap berikutnya,, disini saya sudah membuat sebuah tabel penjualan kain yang berisi No.Transaksi - Kode Kasir..

 
Tabel diatas adalah data yang belum dinormalisasikan, kemudian jika sudah di normalisasikan akan tampak sebagai berikut

 
tabel diatas adalah tabel yang sudah di normalisasikan pada kolom Jenis Kain kain, Warna Kain dan Nama Kasir data-data yang sama diringkas atau dinormalisasikan dalam menjadi bentuk kode baik berupa angka ataupun lainnya,,

 
 Tabel yang sudah dinormalisasikan tersebut bisa juga dibuat dalam bentuk diagram sebagai berikut

 

Dalam Tabel struk Penjualan diatas terdapat “No. Transaksi” sebagai Primery key. Tabel Kasir, Kain, dan Warna terdapat tanda "N" yang terhubung dengan simbol "1" yang menunjukan hubungan keterkaitan Many to One dari "Code Kasir" yang sebagai Foreign Key terhadap Tabel Nama, "Kode Kain" terhadap Tabel Jenis Kain, dan "Kode Warna" terhadap Tabel Warna.

 

selesai sudah.... apabila ada kesalahan saya mohon maaf karena saya juga masih dalam tahap belajar,,hhee
sekian terima kasihh.....
02.05 No comments » by Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Blogroll

Pages

About